Penemuan Exoplanet Planet Baru Kaya Akan Air

Para pakar astronomi menemukan satu palnet baru yang bertempat di luar tata surya kita mereka mengatakan bahwa planet ini berdiameter 3x lebih besar dari diameterbumi dan permukanya di tutupi oleh samudra selain itu berat dari planet itu 7x lebih berat dari bumi
Tetapi pakar astronomi harus bekerja keras untuk menciptakan klasifikasi planet baru untuk menampung super-Bumi baru yang penuh air itu, yang tidak cocok dimasukkan pada penggolongan jenis planet sebelumnya, seperti berbatu-batu, ber-es atau ditutupi gas.
Sulit dijelaskan mengapa exo planet beruap ini tidak biasa adalah bahwa bagian yang besar massanya berupa air, dan planet itu mempunyai lebih sedikit batu daripada Bumi, atau planet berbatu manapun yang telah diketahui.
Exoplanet tersebut hanya 40 tahun cahaya jauhnya, termasuk dekat, menurut ukuran alam semesta. Planet itu mengorbit bintang kerdil setiap 38 jam dari jarak hanya dua juta kilometer. Para pakar astronomi mengatakan bahwa kedekatannya pada matahari membuat suhu di permukaan planet itu mencapai sekitar 230 dejarat Celsius, yang membuatnya terlalu panas untuk dihuni mahluk hidup seperti yang kita kenal.
sumber:www.voanews.com/indonesian/news

Facebook Twitter RSS