Perang Dunia II Awal Kemajuan Teknologi


Perang dunia II memang menimbulkan luka yang teramat dalam bagi seluruh umat manusia.Namun bagi sisi teknologi perang dunia ke II membawa banyak kemajuan, Terbukti sudah bahwa teknologi maju yang dapat mengakhiri perang dunia II yaitu dengan dibuatnya bom atom (nuklir) yang dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki Jepang. Dari sini terlihat bahwa perang dunia II membawa dampak positip terhadap revolusi pemikiran dan penemuan teknologi.
Pada perang dunia II sudah digunakan senjata otomatis dan semiotomatis.yang dulunya menggunakan senjata manual yang menuntut skill individu yakni senjata laras panjang ataupun dengan adu fisik teatpi perkembangan teknologi saat perang dunia ke II telah melesat dengan adanya Penggunaan pesawat terbang dan kapal perang sebagai senjata andalan juga menunjukan bahwa perkembangan ilmu tentang pesawat dan perkapalan sangat cepat. Dan paling menonjol perkembangan teknologi pada PD II yaitu ditemukannya cara pembuatan bom atom.
Setelah perang selesai perkembangan teknologi perang dapat diaplikasikan untuk kepentingan sipil demi kesejahteraan umat manusia. Dibuatnya pesawat yang mampu mengangkut penumpang dalam jumlah banyak dan dapat menempuh jarak yang jauh serta kapal-kapal modern yang dapat mengarungi lautan dengan daya jelajah tinggi dan mampu mengangkut beban yang berat
Teknologi nuklir yang dulu sebagai senjata perang yang sangat di takuti oleh Negara Negara yang terlibat konflik perang dunia II kini telahmengalami perkembangan yang sangat cepat. perpaduan terjadi antara uranium dan plutonium dalam suatu reaktor ternyata menimbulkan energi yang sangat luar biasa. Setelah perang berakhir teknologi nuklir dimanfaatkan sebagai sumber energi untuk memenuhikebutuhan masyarakat, misalnya untuk menggerakan turbin bagi PLTN,menggerakan mesin kapal terutama kapal selam, serta bahan bakar untuk pesawat ruang angkasa penjelajah alam semesta.

Facebook Twitter RSS